Rabu, 19 November 2014

MAULIDIYYAH MALAM JUM'AT




Di Pondok pesantren Daruttauhid Al ‘Alawiyyah, setiap malam Jum’at diadakan pembacaan sejarah Nabi  Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wasallam, atau yang biasa disebut Maulid Nabi. Maulid yang dibaca selalu berganti tiap malam Jum’atnya, Yaitu antara Maulid Ad Dayba’i, Maulid Al Barjanzi, Maulid Al ‘Azab dan Maulid Shimthud Duror atau Maulid Al Habsyi. Semua mauled dibaca. Ini dilakukan agar mendapat berkah dari semua pengarang Maulid dan juga agar santri dapat menguasai semua, tidak fanatik atau Cuma bisa saitu Maulid saja. Setiap santri akan mendapat giliran, tiap Malam Jum’at yang membaca selalu berganti  sampai semua santri sudah pernah membaca kemudian kembali ke awal dan seterusnya.
Sebagai iringan maulid, di Pondok pesantren Daruttauhid Al ‘Alawiyyah juga ada Terbangan. Bagi santri yang berminat, akan diberi kesempatan untuk berlatih dan tampil memainkan terbang saat maulid. Selain saat maulid, acara Terbangan juga pada saat Ahad Bagi, yaitu saat pengajian untuk masyarakat sekitar pesantren. Sebelum Romo Yai datang, maka para santri membacakan beberapa lagu terbangan sampai Romo Yai berada di tempat mengaji.
Untuk pelaksanaan pelatihannya yaitu pada hari Ahad Pagi setelah Pengajian dan Juga Jum’at setelah Sholat Jum’at  bagi yang tidak mengikuti pada Hari Ahad Paginya. Pelatihan ii tidak bisa berjalan dengan baik karena sering ada acara yang selalu ada saat Jum’at siangnya. jika tidak ada Udzur, pelatihan akan dilaksanakan di Pesantren gedung timur.
Acara ini sebagai acara hiburan bagi santri PP Daruttauhid khususnya MAT Daruttauhid Jepara.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More